Selfie : Kata Paling Favorit Tahun ini

Tahun ini, penggunaan istilah “selfie” di Amerika dan Inggris mengalami peningkatan hingga 17.000 persen. Kata tersebut mewakili perilaku masyarakat Amerika dan Inggris yang suka menfoto dirinya sendiri dengan ponsel lalu memposting di dunia maya.

Tahun lalu, Oxford University Press memilih kata yang paling berbeda di Amerika dan Inggris. Tetapi untuk tahun 2013, ada sebuah kata yang sama-sama difavoritkan di dua negara tersebut dan kata itu adalah “selfie”. Kata tersebut mengalahkan pesaingnya seperti twerk, bitcon, dan bingewatch, karena pertumbuhan penggunaan kata tersebut yang luar biasa.

            Menurut riset yang dilakukan editor Oxford Dictionaries, penggunaan kata selfie mengalami penigkatan drastis: 17.000 persen diukur dari bulan yang sama tahun lalu. Walaupun  istilah tersebut sudah ada selama lebih dari 12 bulan, namun masih aktual jika diteliti kembali.

            Universitas Oxford pertama kali menemukan istilah tersebut digunakan dalam sebuah forum dunia maya di Australia tahun 2002. Kata tersebut awalnya digunakan untuk menggambarkan sebuah foto diri sendiri yang diambil setelah acara minum-minum, selanjutnya mereka berfoto lalu mempostingnya di Flickr dengan hashtag #selfie, dua tahun kemudian.

            Kendati menjadi kata paling favorit, kata selfie sebenernya tidak termasuk dalam Kamus Inggris Oxford. Ia hanya menjadi bagian dari website Kamus Oxford online. Namun demikian, “selfie” sedang dipertimbangkan untuk masuk dalam kamus Bahasa Inggris Oxford di masa yang akan datang.

            Perkembangan teknologi yang mempengaruhi budaya pop yang menghaslikan sebuah kata favorit di setiap seleksi tahunan bukanlah pertama kali. Jika Anda ingat, pada tahun 2005, kata favorit yang merajai dunia bahasa di Amerika adalah “podcast”.


Referensi : Majalah Pulsa Dwi Mingguan Edisi 273 Th XI / 2013/ 27 November – 10 Desember

0 komentar:

Posting Komentar